Pengumuman perginya fitur Flipside di Instagram (Foto: Media Formasi)

Gagal Cari Pengguna, Flipside Instagram Segera Dihapus Mei 2024

Teknologi 25 Apr 2024

Salah satu fitur yang relatif baru di Instagram, yaitu Flipside, dikabarkan akan segera dihapus dari platform media sosial tersebut mulai bulan depan.

Pengumuman ini mulai didapatkan pengguna pada hari Kamis (25/04) pagi saat membuka aplikasi Instagram di bagian notifikasi, sebagaimana pantauan redaksi Media Formasi.

"Flipside tidak akan dapat diakses setelah tanggal 24 Mei 2024," tulis pengumuman tersebut.

Konten yang sudah diunggah pada halaman Flipside ini masih akan tetap ada pada bagian arsip atau archive. Artinya, hanya kamu saja yang bisa melihat postingan tersebut.

Kemudian, kamu juga bisa mengunduh salinan dari postingan yang kamu unggah di halaman Flipside sampai tanggal 25 Agustus 2024 pada pengaturan Accounts Centre.

Cara Unduh Siaran Langsung Instagram Yang Sudah Terlewat
Hai MedForians! Instagram adalah satu platform media sosial berbagi foto & video yang populer di kalangan anak muda. Kita bisa berbagi apapun disana, baik sekedar hobi/kesukaan, berbagi kabar/berita terbaru, hingga berjualan secara daring. Salah satu fitur yang ada disana adalah siaran langsung (live). Tapi, pernahkah kalian terpikir bagaimana cara

Flipside, Sisi "Alter" alias Close Friend versi Post

Sebelumnya, Flipside sudah dikenalkan ke publik secara diam-diam, atau tanpa pengumuman, secara global, termasuk Indonesia. Sejumlah pengguna sudah dapat menjajal fitur tersebut langsung pada bulan Januari 2024 lalu.

Melansir dari TechCrunch, Adam Mosseri sekaligus kepala yang memimpin Instagram, mengkonfirmasi bahwa platform media sosial asal Amerika Serikat tersebut sedang melakukan ujicoba fitur "Flipside."

Walau sempat bocor di tahun 2023, fitur ini baru mulai diluncurkan untuk melakukan tes, agar dapat melihat bagaimana para pengguna Instagram merespons fitur tersebut, apakah baik atau tidak.

"Kami bahkan belum yakin fitur ini akan kami luncurkan di Instagram," ungkap Mosseri di platform Threads.

Horizon OS Diperkenalkan, Sistem Operasi Dari Meta untuk Virtual Reality
Perusahaan induk Facebook yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg, Meta mengumumkan pada Senin (22/04) lalu bahwa mereka telah merilis sistem operasi baru khusus untuk platform Virtual Reality (VR), Alternate Reality (AR), dan Mixed Reality (XR) bernama Horizon OS.

Sayangnya, penutupan layanan ini menandakan bahwa beberapa metrik yang ingin dicapai oleh Instagram tidak membuahkan hasil yang diinginkan.

Kemungkinan terbesar ada di kurangnya pengguna Flipside di Instagram. Hal ini bisa dilihat juga dari orang-orang sekitar, yang tidak terlalu aktif menggunakan fitur tersebut secara ramai.

Mengingat fitur tersebut masih dalam tahap ujicoba, ditutupnya fitur Flipside bukanlah hal yang tidak normal. Fitur-fitur di media sosial bisa saja hadir dan menghilang, apalagi jika hanya coba-coba terlebih dahulu.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast